Diriwayatkan dari Aisyah ra: Seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad Saw, “apakah amal (ibadah) yang paling dicintai Allah?” Nabi Muhammad Saw bersabda, "amal (ibadah) yang dilakukan secara tetap meskipun sedikit”

Senin, 30 Agustus 2010

Islam is My Life

Posted by Citra Pradipta  |  at  16.16

"Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari Agama Alloh? Padahal kepada-Nya-lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi,baik dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada Alloh saja-lah mereka dikembalikan." (QS. Ali Imran : 83)


ISLAM IS MY LIFE

Mengapa Islam sebagai agama yang sempurna? Berikut ini penjelasannya :


1. Islam adalah agama yang lengkap. Lengkap di sini adalah maksudnya Islam mampu memecahkan semua permasalahan dari manusia. Jadi segala permasalahan manusia sebenarnya telah mampu dipecahkan dan diatur dalam Islam.

Permasalahan manusia itu apa saja?

Pertama
Yang pertama adalah permasalahan manusia dengan tuhannya. Islam telah mengatur bagaimana hubungan manusia dengan tuhannya biak itu keimanannya (Akidah) dan juga ibadahnya. Islam telah memberikan solusi atas kebenaran dan kebutuhan fitrah manusia yang menyembah akan adanya satu Tuhan yaitu bahwasanya Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Alloh. Dan juga islam memberikan tatacara bagaimana menyembahnya, dan kewajiban untuk menyembahnya.

Kedua
Permasalahan manusia yang kedua adalah masalah manusia dengan dirinya sendiri. Yaitu bagaimana manusia mengatur yang menyangkut dengan dirinya sendiri, seperti bagaimana manusia itu nakan, berpakaian, akhlak atau perilaku, dll. Islam telah mengaturnya dan memberikan solusi agak tidak menimbulkan permasalahan mengenai bab ini. Sebagaimana Islam telah mengatur bagaimana mendapatkan makan yang halal, jenis makanan yang halal dan bahkan bagaimana tata cara ketika makan. Dan juga Islam mengatur bagaimana tata cara berpakaian dan juga bertingkah laku.

Ketiga
Yang ketiga dari permasalahan manusia adalah masalah manusia satu dengan orang lain. Atau sering disebut bermuamalah, Islam telah mengatur bagaimana tata cara berhubungan yang menyangkut orang lain. Seperti jual beli, berpolitik, bermasyarakat, waris, bernegara, dll segala permasalahan orang lain. Di samping itu Islam juga mengatur bagaimana manusia berhubungan dengan alam semesta ini.


2. Islam adalah agama yang luas. Maksud dari kata luas di sini adalah Islam memecahkan permasalahan masa yang dulu - sekarang - dan yang akan datang. Jadi Islam sebagaimana ketika diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada jaman itu adalah telah mampu memecahkan segala permasalahannya yang akan datang. Jadi cukuplah Islam menjadi segala pedoman dalam permasalahan saat ini. Ketika ada yang mengatakan Islam itu hanya sesuai dengan atau untuk permasalahan yang dahulu dan tidak relevan dengan permasalahan saat ini, atau hukum Islam hanya dapat diterapkan pada jaman dulu sedangkan jaman sekarang ini tidak relevan maka itu hanyalah suatu kebodohan. Baik itu kebodohan karena ketidak pengetahuannya bagaimana seharusnya mampu mengambil hukum Islam terhadap masalah itu ataupun kebodohan karena ketidak mauan dalam melaksanankannya atau dikalahkan oleh hawa nafsunya.


3. Hukum Islam bersifat amali. Hukum Islam ini bukan hanya bersifat teori yang tidak mampu dilaksanakan secara teknis oleh manusia. Ya hukum Islam ini dapat dilaksanakan oleh manusia bukan hanya dalam tataran teori saja tetapi bersifat amali atau dilaksanakan. Yang menjadi pertanyaannya maukah kita melaksanakan ataupun rela atau tidak diatur oleh hukum Islam.

Islam adalah bersaksi tidak ada illah (tuhan) selain Alloh, Muhammad adalah utusan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, puasa di bulan Ramadhan dan haji bagi yang mampu melaksanankannya.


Karakteristik Islam

Rabbaniyah
Islam menjadikan tujuan akhirnya adalah ridha Alloh, dan bahwa sumber konsep Islam adalah wahyu Alloh, bukan buatan manusia.

Insaniyah
Islam memberikan ruang luas kepada manusia untuk beristihad dan berikhtikaf. Selain itu, Islam mengajarkan prinsip persamaan hukum diantara manusia.

Syamil
Islam bersifat menyeluruh, suatu sistem yang tidak terhenti hanya pada satu aspek atau masa tertentu saja. Islam bersifat kom prehensif, segala aturan kehidupan telah diatur. Islam adalah aqidah, ibadah, kenegaraan, toleransi, mu'amalah, dan lain-lain.

Wasathaniyah
Bahwa aturan-aturan Islam selalu berada di pertengahan dalam segala hal. Tidak meninggalkan akhirat seperti orang barat. Islam sangat memberikan porsi yang seimbang antara akal, jasad dan ruhiyyah. Antara dunia dan akhirat, antara individu dan jama'ah. Islam mengajarkan kemudahan bagi setiap hamba-Nya.


Source : Tim LSO Mentoring - Menjadi MUSLIM Dahsyat dengan cahaya AL-QURAN

About Khazanah Ilmi

Membangun sebuah blog untuk menyebarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Terutama ilmu Islam, demi memperoleh amal Jariyah. Apabila bermanfaat silakan sebarkan link artikel ini atau dapat anda copy paste di blog / website anda dengan mencantumkan sumbernya (khazanah-ilmi.blogspot.com)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top