Diriwayatkan dari Aisyah ra: Seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad Saw, “apakah amal (ibadah) yang paling dicintai Allah?” Nabi Muhammad Saw bersabda, "amal (ibadah) yang dilakukan secara tetap meskipun sedikit”

Sabtu, 27 Juli 2013

Jarak 500 Tahun

Posted by Citra Pradipta  |  at  16.21

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

Bumi Indonesia
Khazanah Ilmi - "Antara langit yang paling bawah dengan langit berikutnya jaraknya 500 tahun, dan antara setiap langit jaraknya 500 tahun; antara langit ketujuh dengan kursiy Allah jaraknya 500 tahun, dan antara kursiy dan samudra air itu jaraknya 500 tahun; sedang 'Arsy berada di atas samudra air itu; dan Allah berada di atas 'Arsy tersebut, tidak tersembunyi bagi Allah suatu apapun dari perbuatan kamu sekalian." (Diriwayatkan oleh Ibnu Mahdi dari Hamad bin Salamah, dari 'Arshim, dari Zirr, dari 'Abdullah Ibnu Mas'ud)

Al-'Abbas bin Abdul Muthalib radhiyallahu 'anhu menuturkan Rasulullah shallalahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Tahukah kamu sekalian berapa jarak antara langit dengan bumi?" Kami menjawab : "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Beliau bersabda : "Antara langit dan bumi jaraknya perjalanan 500 tahun, dan antara satu langit ke langit lainnya jaraknya perjalanan 500 tahun, sedang ketebalan masing-masing langit adalah perjalanan 500 tahun. Antara langit ketujuh dengan 'Arsy ada samudra, dan antara dasar samudra itu dengan permukaannya seperti jarak antara langit dengan bumi. Allah Ta'ala di atas semua itu dan tidak bersembunyi bagi-Nya sesuatu apapun dari perbuatan anak keturunan Adam." (HR. Abu Dawud dan Ahli Hadits lainnya)
  • Jarak antara langit langit yang satu dengan langit yang lain perjalanan 500 tahun.
  • Jarak antara langit ketujuh dengan Kursiy perjalanan 500 tahun.
  • Dan jarak Kursiy dengan samudra perjalanan 500 tahun pula.
  • 'Arsy, sebagaimana dinyatakan dalam hadits, berada di atas samudra tersebut.
  • Allah berada di atas 'Arsy.
  • Jarak antara langit dan bumi ini perjalanan 500 tahun.
  • Masing-masing langit tebalnya perjalanan 500 tahun.
  • Samudra yang berada di atas seluruh langit itu, antara dasar dengan permukaannya, jaraknya perjalanan 500 tahun.
Dan hanya Allah 'Azza wa Jalla yang Maha Mengetahui. Segala puji hanya milik Allah Rabb sekalian alam. Semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan Allah kepada junjungan kita Nabi Muhammad, kepada keluarga, para sahabat, dan para umatnya hingga akhir zaman.


Sumber : Majalah Mutiara Amaly

About Khazanah Ilmi

Membangun sebuah blog untuk menyebarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Terutama ilmu Islam, demi memperoleh amal Jariyah. Apabila bermanfaat silakan sebarkan link artikel ini atau dapat anda copy paste di blog / website anda dengan mencantumkan sumbernya (khazanah-ilmi.blogspot.com)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top